Saturday 3 April 2021

Digital Marketing di Era Teknologi



Hallo Sobat Dunia Kampus, Di zaman sekarang teknologi digital telah mengubah dunia, yang awalnya media kovensional di anggap sudah paling mutakhir, namun demikian seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital telah menguasai dunia, mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya peralihan pada perilaku konsumen lalu ditangkap oleh sebuah peluang oleh para pemilik bisnis bahwa kita sebagai wirausahaan harus bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen. Digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dalam dunia wirausaha.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi barang yang menggunakan madia digital atau internet agar dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu secara online. Digital marketing berperan untuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era sekarang ini menjadi hal yang harus dan wajib kita pahami dan kita lakukan sebagai strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan.

Digital marketing sangat penting untuk kita pelajari bagi para kewirausahaan muda untuk menjadikan teknologi digital sebagai bagian dari strategi pemasaran. Menurut data Januari tahun 2019 populasi di Indonesia adalah 268,2 juta, jumlah penduduk yang ada di indonesia 150 juta diantaranya sudah menggunakan internet. Dari 150 juta pengguna media sosial aktif, mereka yang menggunakan atau mengakses media sosialnya menggunakan perangkat seluler nya adalah sebanyak 130 juta atau hampir 80% dari seluruh pengguna media sosial yang aktif. Setiap perangkat seluler yang di miliki oleh masyarakat sudah pasti terdapat aplikasi media sosial di dalam nya. Sehingga itu adalah salah satu alasan mengapa beberapa pemasar saat ini menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran nya karena mengingat bahwa banyak konsumen yang telah aktif menggunakan media sosial dari perangkat seluler nya.

Menurut data bulan Januari tahun 2020, terdapat peningkatan sebanyak 1,1% populasi (2,9 juta penduduk). Hal ini juga menyebabkan meningkatnya angka penggunaan perangkat seluler yaitu sebanyak 4,6%. Kemudian penggunaan internet juga terpengaruh akibat meningkatnya populasi penduduk yaitu meningkat sebesar 17% dalam satu tahun lalu pertumbuhan pengguna media sosial tumbuh sebesar 8,1% atau 12 juta orang yang menggunakan media sosial

Pertumbuhan penggunaan gadget kemudian akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial dinilai sangat cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah populasi itu sendiri. Hal tersebut menunjukkan suatu gejala positif yang harus dipandang wirausaha sebagai peluang. Disini terlihat bahwa muncul suatu pola baru dalam konsumen kita bahwa kita harus dapat mempertimbangkan media digital sebagian dari strategi pemasaran tidak hanya memikirkan tentang strategi konvensional. Dengan menggunakan media konvensional, maka itu sudah tidak cukup efektif dan efisien bagi perusahaan atau para wirausaha.

Berbeda hal nya ketika sebuah iklan ditempatkan pada media-media digital seperti di pasang pada media sosial. Sesuai pada data bulan Januari 2019, kita bisa melihat bahwa rata-rata per hari orang-orang di Indonesia menghabiskan waktu untuk mengakses internet kurang lebih selama 8 jam 36 menit setiap harinya atau mungkin bisa lebih dari data yang telah di kumpulkan. Dan ini bisa menjadi peluang yang besar bagi para wirausaha untuk menggunakan media digital untuk sebagai media promosi atau pemasaran nya.

Beberapa media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat menurut data Januari 2019 ialah Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram, Line, Twitter, FB Messenger, BBM, LinkedIn, Pinterest, Skype, Wechat, Snapchat, Path, Tumblr dan Reddit. Data-data atau fenomena yang telah disebutkan dapat menjadi pertimbangan mengapa wirausahaan muda perlu atau memandang penting untuk aktif merancang strategi dalam konteks digital marketing.

Berbicara tentang digital marketing, maka kita sedang berbicara bagaimana merancang sebuah rencana strategis yang akan kita lakukan agar usaha kita menjadi tumbuh serta berkembang, agar produk lebih dikenal, agar kita mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada. Disini kita akan menggunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram yang terdiri dari Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, dan Control. Ini lah yang nantinya akan kita rancang dan kita sebut SOSTAC ini adalah sebagai pemasaran digital yang akan kita susun dan rancang untuk usaha kita.

Situation Analysis, hal ini menjelaskan dimana posisi kita sekarang. Setelah menyusun tentang situation analysis, kita juga akan menyusun sebuah Objectives atau tujuan. Langkah berikut nya yakni Strategy, langkah ini akan membicarakan bagaimana kita akan mencapai tujuan itu. Kemudian akan kita persempit atau mengerucutkan lagi tentang strategy yang sudah kita buat yaitu dengan menyusun Tactics atau bagaimana cara-cara yang lebih jelas yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan kita. Setelah itu kita mulai dengan Actions atau aksi. Lalu yang terakhir kita juga perlu melakukan yang namanya Control. Control ini adalah bagaimana kita mengawasi apakah strategy yang telah kita susun serta actions ang sudah kita lakukan sudah cukup bisa memenuhi target atau mengarahkan kita pada tujuan yang kita inginkan. Jika dirasa belum sesuai seperti yang kita inginkan, maka kita bisa kembali mengulang karena ini adalah sebuah siklus. 

Setelah ini kita akan membahas lebih mendetail. Di Situation Analysis kita akan bicara tentang where are we now? dimana ada goal performance. Kita kenal bahwa 5S dalam digital marketing yaitu Sale, Serve, Save, Speak dan Sizzle. Jadi di situation analysis kita perlu mengevaluasi posisi kita saat ini itu seperti apa. Yang pertama ada goal performance, kemudian ada customer insight (bagaimana penilaian atau pandangan konsumen terhadap keberadaan kita), E-marketplace SWOT, Brand Perception, dan Internal Capabilities and Resources.

Selanjutnya adalah Objectives, di objectives ini sesuai dengan judulnya adalah where do we want to be? Disini kita menentukan objektif nya. Jika kita sebelumnya membahas 5S dari sudut pandang bahwa posisi kita saat ini maka di objectives, 5S ini yang ingin kita ubah yaitu ingin menuju ke arah yang seperti apa. Apakah kita ingin mengubah improvement sale nya menjadi seperti apa, kita ingin improvement serve nya seperti apa dan sebagainya. Berikutnya adalah kita melakukan langkah Strategy (how do we get there?), di sini yang pertama kita lakukan adalah segmentation, targeting and positioning lalu ada OVP (online value proposition), Sequence (credibility before visibility), integration (consistent OVP) dan Tools (web functionality, e-mail, IPTV etc).

Kemudian berikutnya mengerucut pada Tactics (how exactly do we get there?). Disini tertuju kepada E-Marketing mix, comunication mix dan social networking masuk juga kedalam e-marketing mix tadi. Jika tadi strategy berbicara secara general, Tactics disini adalah penjadwalan yang kita lakukan terkait dengan sebuah e-marketing mix.Selanjutnya yaitu Actions (the details of tactics, who does what and when). Tahap ini meliputi responsibilities and structures, Internal Resources and Skills dan External Agencies. Di Actions ini, misalkan kita melakukan promosi adsense melalui berbagai platform itu adalah actions yang kita lakukan.

Terakhir ada Control (how do we monitor perfomance? seperti sebelumnya telah dijelaskan bahwa dalam hal control ini kita perlu merancang yang namanya KPI atau Key Performance Indicator. Bagaimana yang tadi sudah dijelaskan tadi bahwa jika Objectives kita menyusun 5S menjadi tujuan kita, maka kita harus tau apa yang terjadi pada KPI tersebut, apakah benar sales nya naik sesuai dengan objektif atau benarkah kita sudah memberikan added value terhadap produk dan layanan yang kita berikan, apakah kita sudah meningkatkan tingkat kepuasan para konsumen, apakah kita sudah melakukan hubungan interaksi yang tepat dan itu adalah indikaor untuk mengukur KPI tersebut.

 

No comments:

Post a Comment

MAKANAN KHAS DAERAH DI INDONESIA

Makanan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan juga tradisi yang berasal dari Kepulauan Nusantara. Makanan khas daerah di Indone...